Cara Mengajarkan dan Melatih Anak Untuk Puasa Ramadhan

|| || || Leave a komentar
cara melatih anak berpuasa ramadhan

Bagi anak-anak (yang belum baligh) tidak diperintahkan untuk berpuasa. Namun demikian orang tua sangat dianjurkan untuk mendorong anak-anak untuk mencoba berpuasa semampunya agar mereka terbiasa melakukannya ketika mereka tumbuh dewasa.

Ada banyak cara untuk mengajarkan anak-anak Anda tentang puasa Ramadhan, namun yang terbaik dan yang terpenting adalah memberi contoh yang baik dengan berpuasa dengan benar dan berperilaku sesuai dengan ajaran Al Qur’an. Bila Anda memenuhi hal ini, Anda dapat dengan mudah (dan mereka akan mudah pula dalam menerimanya) mengajari mereka apa yang Anda inginkan.

Berikut adalah beberapa Cara Mengajarkan dan Melatih Anak Untuk Puasa Ramadhan :
  • Doronglah mereka untuk berpuasa dalam beberapa hari bahkan hingga setiap hari, tergantung pada usia mereka. Bagi anak-anak yang masih berusia 5-6 tahun mungkin belajar puasa setengah hari sudah cukup baik. Jangan lupa, pujilah mereka di depan teman-teman dan keluarga atas kemauan mereka berpuasa.
  • Biarkan anak-anak Anda pergi dengan ayahnya ke Mesjid, untuk berbuka puasa bersama untuk membuat mereka merasakan kebesaran puasa Ramadhan dan kesatuan umat Islam dalam menyembah Allah.
  • Jika anak Anda belum mampu berpuasa sehari penuh, libatkan mereka berbuka bersama keluarga untuk mengajarkan mereka bahwa Anda sedang berbuka puasa, walaupun boleh jadi mereka baru saja makan sebelumnya.
  • Ajarkan anak-anak Anda berdo’a ketika sahur maupun berbuka puasa
  • Ajaklah anak Anda untuk sholat Tarawih sehingga mereka terbiasa dan tahu tentang hal itu sejak usia dini. Mereka bisa dibiarkan saja duduk atau berbaring ketika mereka merasa lelah.
  • Ajarkan mereka untuk shodaqoh. Melakukannya di depan mereka dan memberitahu mereka bahwa Anda melakukannya karena shodaqoh dan amal lainnya di bulan Ramadhan lebih besar pahalanya dari hari-hari biasa.
  • Ajarkan mereka untuk bertadarus membaca Al Quran dan memberitahu mereka bahwa Nabi (shallallahu 'alaihi wa sallam) selalu melakukan itu di setiap bulan Ramadhan.
  • Luruskan mereka jika mereka berperilaku salah atau mengucapkan kata-kata kurang baik dan mengingatkan mereka bahwa mereka sedang berpuasa, beritahukan mereka bahwa hal itu bisa mengurangi pahala puasa Ramadhan mereka.
  • Bangunkan mereka untuk makan sahur (walaupun jika mereka tidak berpuasa) dan shalat Subuh.
  • Ajarkan mereka memberi makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa, dan memberitahu mereka pahala melakukan hal itu.
  • Saat tiba Idul Fitri, bantu mereka mandi, berilah mereka pakaian terbaik, dan ajaklah mereka untuk sholat Idul Fitri. Ajarkan kepada mereka bahwa inilah perayaan pesta kita, umat Islam, yang berbeda dengan perayaan-perayaan lainnya. Khusus bagi anda yang memiliki anak perempuan, ingatlah sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam

Semoga beberapa tips diatas bisa memberikan manfaat kepada orang tua dalam mendidik anak-anaknya untuk mau belajar berpuasa di bulan Ramadhan. * Salam sehat....

 
 ----------------------------------------------------------------------------------
Yang namanya anak belajar berpuasa, maka tak heran keluh kesah lapar dan haus kita dengar. Nah..agar anak tetap bersemangat dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari, alangkah baiknya saat makan sahur berikan satu gelas susu dari ekstrak serbuk beras merah MAX-D yang sementara ini dijual secara online. Satu alasan yang ada bahwa dengan mengkonsumsi 1 gelas susu MAX-D perut akan terasa kenyang terus dan tidak mudah lapar.Sebuk Beras Merah MAX D

Minuman kesehatan untuk menemani aktifitas
di bulan Ramadhan agar tetap sehat dan bertenaga
 
manfaat beras merah
isi 250 gram/ box
Sebuk Beras Merah MAX D merupakan minuman serbuk beras merah organik pilihan yang diproses dari mata beras asli berkualitas tinggi. Diolah secara higienis dengan pengawasan mutu yang ketat, sehingga kandungan gizi yang ada tetap terjaga secara optimal.

Kandungan Gizi dalam Sebuk Beras Merah MAX D :
Serat, Kalori, Selenium, Karbohidrat, Protein, Antosianin , Mangaan, Magnesium, Asam Amino Triptofan, Asam Lemak Alfa Linolenat, Zat besi, Zat Tiamin, Zat Fosfor, Zat Tepung, Mineral, Retinol, Thiamin, Pyridoxine, Siano Cobalamine , B Kompleks.

Manfaat Sebuk Beras Merah MAX D :
- Membantu program diet,
- Menurunkan risiko anemia,
- Meningkatkan kesuburan pria,
- Kenyang lebih cepat dan lebih lama,
- Mengurangi kadar kolesterol dalam darah,
- Membuat kulit lebih halus serta mengatasi alergi,
- Mengurangi risiko wasir dan iritasi pada usus,
- Meningkatkan perkembangan otak dan kecerdasan,
- Menjaga keseimbangan produksi hormon serotonin,
- Mencegah penyakit kardiovaskuler dan arterosklerosis,
- Mencegah maupun mengatasi berbagai penyakit degeneratif,
- Mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung,
- Memperkuat tubuh, stamina, mengatasi cepat lelah dan insomnia,
- Mengaktifkan enzim yang penting dalam pembentukan tulang,
- Mencegah penyakit beri-beri, sembelit, perut kembung, sakit pinggang, reumatik, dan kesemutan,

Aturan Pakai:
- Tuangkan 2 sendok teh Serbuk Beras Merah Onoroso ke dalam gelas,
- Seduh dengan air hangat atau dingin, kemudian aduk hingga larut,
- Bisa ditambahkan gula, susu atau madu sesuai selera,
- Dapat diminum oleh semua usia, wanita hamil atau ibu menyusui,

--------------------------------------------------------
Informasi & Pemesanan Hub.
Stokis “HerbalVit”
- SMS : 0857.3681.0399
- Whats App : 0857.3681.0399
- Pin BB : 27788932


/[ 0 komentar Untuk Artikel Cara Mengajarkan dan Melatih Anak Untuk Puasa Ramadhan]\

Posting Komentar