Khasiat dan Manfaat Beras Merah untuk Penderita Diabetes

|| || || Leave a komentar
APA ITU DIABETES ?
Diabetes Mellitus atau kencing manis merupakan penyakit kronis yang muncul secara perlahan, terjadi karena adanya gangguan pada sistem metabolisme karbohidrat, yaitu pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat mempergunakan untuk mengubah gula darah menjadi energi. Pola makan yang berlebih menjadikan fungsi pankreas melemah, akibatnya tubuh kelebihan glukosa (hiperglikemia). Tubuh penderita diabetes menjadi tidak mampu memproduksi atau menggunakan secara efektif hormon insulin yang berfungsi mengatur gula darah. Akibat kekurangan atau tidak adanya insulin, glukosa menumpuk dalam sirkulasi darah. Itu sebabnya penderita diabetes sering merasa haus yang berlebihan dan sering buang air kecil.


diabetes atau kencing manis


Hal tersebut menyebabkan kadar gula darah meningkat melebihi batas normal, (sekitar 80 mg% saat puasa, dan 120 mg% 2 jam setelah makan). Yang lebih buruk lagi, penderita bisa mengalami rasa tidak nyaman pada perut, pandangan kabur, sulit bernapas atau merasa lelah, dan pusing. Hiperglikemia bisa diatasi dengan mengonsumsi minuman bebas gula, atau cairan tanpa kafein. Mengonsumsi karbohidrat yang tinggi juga berpeluang meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Tanpa insulin yang cukup, kadar gula darah akan meningkat, merusak jaringan saraf tepi dan otonom di seluruh tubuh, serta memicu hipertensi, stroke, serangan jantung, kebutaan, dan kerusakan ginjal. Usia diatas 40 tahun, lebih beresiko menderita penyakit diabetes.

BERAS MERAH UNTUK PENDERITA DIABETES/ KENCING MANIS
Jika Anda didiagnosis menderita diabetes, Anda pun harus mulai mengatur pandai-pandai mengatur pola makanan, termasuk jumlah nasi yang boleh dimakan dalam sehari. Mengapa nasi pun harus dibatasi untuk penderita diabetes ? Karena nasi, terutama nasi putih, merupakan salah satu sumber utama karbohidrat.

manfaat dan khasiat beras merah
Karbohidrat yang tidak dibakar habis menjadi energi, akan diubah menjadi glukosa. Peningkatan glukosa dalam darah inilah yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Sesama nasi, sebenarnya ada alternatif lain yang lebih baik bagi penderita diabetes selain nasi putih, yaitu nasi beras merah (brown rice).

Khasiat beras merah untuk penderita diabetes sudah tidak diragukan lagi sehingga beras ini sering disarankan untuk dijadikan makanan pokok penderita diabetes. Akan tetapi, apa sebenarnya kehebatan beras merah jika dibandingkan dengan beras putih yang biasa kita santap? Mengapa penderita diabetes juga sebaiknya tidak lagi mengonsumsi beras putih?

Manfaat dan Kandungan Gizi Beras Merah


Dalam sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa beras merah mengandung lebih banyak serat alami dan berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan B, dibanding beras putih. Di samping itu, kandungan gizi beras merah ternyata bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian sampai hampir mencapai 88 persen untuk mineral seperti mangan dan magnesium. Beras merah juga kaya zat besi dan asam lemak sehat yaitu alfa linoleat, yang dibutuhkan untuk mendukung aktifitas sel tubuh.

Karbohidrat yang terkandung dalam beras merah tergolong sebagai karbohidrat kompleks. Beras merah juga mengandung semacam antioksidan yang disebut antosianin, yang memiliki berbagai fungsi termasuk anti kanker serta antihiperglikemik (tidak mengakibatkan gula darah naik).
Lalu, dari semua nutrisi ini, apa manfaat dan khasiat beras merah untuk penderita diabetes?.

Berikut adalah manfaat kandungan nutrisi beras merah untuk membantu penderita diabetes mengendalikan kadar gula darah :
  • Karbohidrat kompleks memiliki sifat lebih sulit dicerna sehingga tidak mudah terurai menjadi glukosa dan meningkatkan tingkat gula darah. Selain itu, karbohidrat ini juga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.
  • Antosianin, seperti yang sudah dijelaskan, dapat mencegah agar kadar gula darah tidak naik.
  • Mineral magnesium dapat membantu mengatur produksi insulin sehingga tubuh bisa mengatur kadar gula darah dengan lebih baik lagi.
  • Serat, antosianin dan selenium yang ada di dalam beras merah memiliki khasiat mencegah komplikasi penyakit berat yang sering mengikuti diabetes seperti kanker usus besar dan penyakit jantung.

Agar konsumsi beras merah benar-benar memberikan pengaruh nyata bagi penderita diabetes, maka makanan pendampingnya juga harus diperhatikan. Jika tidak, sia-sialah pengorbanan Anda berpindah dari mengkonsumsi nasi putih ke nasi beras merah. Penderita diabetes sebaiknya makan makanan yang tidak membuat gula darah melonjak bersama dengan beras merah, yaitu makanan kaya serat dan protein rendah lemak.

Contoh menu yang baik adalah: dalam piring makan, Anda bisa menumpuk ¼ bagian piring tersebut dengan nasi merah, dan ¼-nya lagi adalah protein rendah lemak seperti tempe bakar, dada ayam rebus tanpa kulit atau putih telur, sementara sisanya sayuran segar. Dengan semua khasiat beras merah untuk penderita diabetes plus lauk yang tepat, penderita diabetes pun akan lebih bisa mengatur kadar gula darahnya.

Bagi anda penderita diabetes yang benar-benar serius ingin mengubah pola makan, manfaat dan khasiat beras merah bisa anda dapatkan pada produk herbal EKTRAK BERAS MERAH MAX D dalam kemasan serbuk. Jadi anda tidak perlu repot-repot untuk memasak beras merah, dengan MAX D pemakaian lebih praktis dan efesien (seperti minum susu biasa). Jadikan minuman sehari-hari untuk pengganti beras putih.

serbuk ekstrak beras merah max d

Sebuk Ekstrak Beras Merah MAX D merupakan minuman serbuk beras merah organik pilihan yang diproses dari mata beras asli berkualitas tinggi. Diolah secara higienis dengan pengawasan mutu yang ketat, sehingga kandungan gizi yang ada tetap terjaga secara optimal.

Aturan Pakai :
- Tuangkan 2 sendok teh Serbuk Beras Merah Max D ke dalam gelas,
- Seduh dengan air hangat atau dingin, kemudian aduk hingga larut,
- Bisa ditambahkan gula, susu atau madu sesuai selera,
- Dapat diminum oleh semua usia, wanita hamil atau ibu menyusui,

--------------------------------------------------------
Informasi & Pemesanan Hub.
Stokis “HerbalVit”
- SMS : 0857.3681.0399
- Whats App : 0857.3681.0399
- Pin BB : 27788932
/[ 0 komentar Untuk Artikel Khasiat dan Manfaat Beras Merah untuk Penderita Diabetes]\

Posting Komentar